PEMBELAJARAN

Materi : Mengubah flowchart menjadi ladder diagram

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana suatu kalimat dapat diubah menjadi ladder diagram. Seseorang yang memiliki jalan pikiran dapat mengungkapkannya dalam bentuk kalimat maupun flowchart. Dari flowchart akan diimplementasikan menjadi ladder diagram. Pada pembelajaran ini kita akan membahas tentang flowchart menjadi ladder diagram.  


Perhatikan contoh di bawah ini :


Dari flowchart tersebut terlihat bahwa ada 2 tombol dan ada 2 lampu. Dari flowchart terlihat bahwa lampu A hanya dapat dihidupkan oleh tombol A, dan lampu B hanya dapat dihidupkan oleh tombol B. 

Berdasarkan flowchart tersebut, bentuk diagram ladder-nya adalah sebagai berikut :


Flowchart diatas tidak hanya dapat diimplementasikan dalam satu jenis diagram ladder saja. Dari flowchart itu masih bisa dibuat diagram ladder lainnya sesuai dengan tingkat pola pikir manusia yang selalu berkembang. 

Seperti di bawah ini yaitu walaupun ada penambahan push button NC, tombol A masih tetap untuk menghidupkan lampu A, dan tombol B untuk menghidupkan lampu B.


Ada hal yang dilarang dalam pembuatan ladder diagram yaitu tidak boleh ada kesalahan logika. Misalnya dua buah tombol yang berbeda untuk mengaktifkan sebuah tombol. Hal itu akan menyebabkan error. Seperti di bawah ini :



Soal latihan :

Perhatikan flowchart di bawah ini !

Pilihlah satu atau lebih diagram ladder di bawah ini yang sesuai dengan flowchart di atas !

A. Gambar 1

B. Gambar 2

C. Gambar 3

D. Gambar 4

E. Gambar 5


Lembar jawaban :

Pilih satu atau beberapa jawaban yang sesuai dengan flowchart. Gunakan huruf besar, tanpa spasi. Misalnya : C atau AC atau CBD.