PEMBELAJARAN

Materi : Pengelolaan Sumber Daya Manusia dengan Memperhatikan Potensi Dan Kearifan Lokal

Pendahuluan

Sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pengadaan tenaga kerja. Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling penting agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya elemen tersebut atau jika kualitasnya kurang baik, perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain telah terpenuhi.

Setiap posisi pekerjaan memerlukan keterampilan tersendiri, sehingga sebelum bekerja dilakukan pembekalan atau latihan kerja. Dengan latihan kerja, diharapkan seorang karyawan akan dapat menjalankan tugas di posisi pekerjaannya dengan baik sesuai prosedur. Dengan demikian, ia dan lingkungan kerjanya akan aman dan selamat dalam bekerja. Selain itu tentu sesuai harapan perusahaan yaitu memenuhi target produksi. 

Potensi dan kearifan lokal adalah potensi unggulan yang bisa menjadi karakteristik sebuah daerah. Jika dilihat dari makna katanya, kearifan lokal berasal dari 2 kata, yakni kearifan dan lokalKearifan berarti kebijaksanaan dan lokal berarti setempat. Dengan demikian, kearifan lokal yaitu gagasan, nilai, atau pandangan yang berlaku di suatu daerah tertentu yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam, dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.

Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dalam perusahaan harus memperhatikan potensi karyawan sekaligus kearifan lokal yang berlaku. Dengan demikian, karyawan menjadi mahir dan profesional dalam menjalankan pekerjaannya, tetapi tidak meninggalkan budaya masyarakat setempat. Inilah yang dimaksud dengan kualitas sumber daya manusia yang meningkat. 

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Dampak revolusi industri 4.0 mudah ditemukan di berbagai bidang kehidupan. Di bidang industri, pabrik lebih memilih menggunakan mesin canggih untuk memproduksi barang dan jasa karena dinilai lebih efektif dalam segi waktu dan biaya. Akibatnya terjadi pemutusan hubungan kerja pada karyawan pabrik. Selain itu persaingan kerja semakin ketat. 

Di bidang budaya, pelaku budaya lokal semakin berkurang. Budaya lokal tergeser oleh budaya modern. Aktif melestarikan budaya lokal dianggap sebagai tradisional dan tertinggal. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi boleh melaju terus-menerus. Namun, budaya bangsa Indonesia harus dipegang teguh dalam menjalankan tanggung jawab moral kebangsaan. Bangsa Indonesia kaya dengan kearifan lokal. Kearifan ini bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan organisasi maupun berbagai sektor.

Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut ini :

Dari video diatas diambil kesimpulan bahwa :

  1. Tradisi Cembengan merupakan modal sosial dan modal budaya yang oleh manajemen SDM pabrik gula Madukismo justru direvitalisasi dan dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan kinerja karyawan dan menciptakan iklim lingkungan kerja yang kondusif dan harmonis. Tradisi Cembengan sudah menjadi kebijakan manajemen pabrik gula Madukismo yang diselenggarakan tiap tahun secara rutin. 
  2. Makna yang terkandung dalam tradisi Cembengan memiliki arti sebagai simbolisasi interaksi sosial dan interaksi antara manusia dengan alam secara harmonis. Sedangkan fungsi Cembengan memiliki kegunaan untuk meningkatkan motivasi kerja, kepuasan kerja, loyalitas, dan kerjasama tim di antara pekerja. Sedangkan dalam konteks eksternal tradisi ini mampu mengikat kohesi sosial antara manajemen pabrik dengan masyarakat sekitar pabrik. 
  3. Proses ritual Cembengan ditransformasi secara teknis dalam proses produksi pabrik sejak dari jadwal tahapan produksi (penanaman tebu, pemanenan, penyulingan, hingga proses akhir produk), pembagian kerja, keselamatan kerja, hingga corporate social responsibility. 

Video kunjungan industri di pabrik gula Madukismo, Yogyakarta


Soal latihan :
  • Kerjakan soal latihan ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar. 
  • Jawaban ditulis di buku tulis pribadi masing-masing siswa.

1. Di Indonesia ada perusahaan yang saat ini masih menjalankan kearifan lokal berupa tradisi Cembengan. Perusahaan itu mengolah tebu menjadi ...
a. gula pasir dan alkohol
b. gula pasir dan karamel
c. alkohol dan karamel
d. bata dan gula pasir
e. karamel dan bata

2. Tradisi Cembengan dilakukan setiap ....
a. 2 tahun sekali
b. 1 tahun sekali
c. 6 bulan sekali
d. 3 bulan sekali
e. 1 bulan sekali

3. Tradisi Cembengan walaupun terkesan kuno, tetapi masih tetap dilestarikan hingga saat ini karena ....
a. diwajibkan oleh pemerintah daerah setempat
b. membuat peralatan produksi tidak cepat rusak
c. mempercepat proses produksi
d. memperbesar keuntungan perusahaan
e. berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan

4. Tradisi Cembengan berdampak terhadap konteks internal maupun eksternal perusahaan. Pengaruh Cembengan dalam konteks eksternal perusahaan adalah ....
a. menurunnya jumlah pemberhentian pekerja
b. terjaganya kesuburan tanah 
c. menurunnya angka pengangguran
d. meningkatnya hubungan harmonis antara manajemen dengan masyarakat 
e. meningkatnya jumlah investor untuk menanamkan saham di perusahaan tersebut

5. Ampas tebu tidak perlu dibuang karena dapat  ....
a. menjadi bahan bakar untuk lokomotif pengangkut tebu
b. menjadi bata untuk bahan bangunan
c. menjadi bahan bakar untuk PLTU
d. menjadi arang untuk kompor tungku   
e. menjadi pupuk untuk tanaman tebu

6. Perhatikan !
Tradisi Cembengan berdampak positif untuk hubungan 
(a) manusia dengan alam
(b) manusia dengan manusia
(c) manusia dengan mesin produksi

Pernyataan yang paling tepat adalah ....
a. (a)
b. (b) dan (c)
c. (b)
d. (c)
e. (a), (b), dan (c)

7. Tradisi Cembengan berpengaruh terhadap kinerja, kecuali ....
a. disiplin kerja
b. motivasi kerja 
c. kepuasan kerja 
d. loyalitas  
e. kerjasama tim 



Lembar jawaban :
  • Jawaban yang telah ditulis di buku tulis, disalin kembali pada form di bawah ini. 
  • Format penulisan jawaban adalah menggunakan huruf kapital, tanpa spasi, tanpa nomor. Contoh : ABCABC. 
  • Jawaban harus benar semua agar bisa terkirim dan menjadi bukti anda telah memahami materi ini.