PEMBELAJARAN

Materi Pembelajaran : Mengubah Ladder Diagram menjadi Kalimat dan Flowchart


Pendahuluan :

Ladder diagram digunakan untuk memprogram PLC. Ladder diagram sebenarnya itu berdasarkan dari suatu kalimat apa yang ingin dikerjakan oleh manusia kepada alat tersebut. Biasanya untuk memperjelas kalimat apa yang dimaksud oleh orang tersebut, kalimat itu ditulis dalam bentuk flowchart.

Link materi bisa dilihat disini


Contoh 1 

Kalimat berbunyi "Ada sebuah tombol dan sebuah lampu. Jika tombol ditekan, maka lampu akan menyala. Jika tombol dilepas, maka lampu akan padam". 

Dalam bentuk flowchart, kalimat tersebut berbentuk seperti ini : 




Berdasarkan flowchart di atas, terdapat sebuah kontak NO dan sebuah output. Sehingga bentuk ladder diagramnya seperti gambar dibawah ini :



Setelah ladder diagram berhasil dibuat, selanjutnya kita dapat membuat diagram pengawatannya pada PLC. 


Contoh 2.

"Ada 1 buah lampu dan ada 2 buah tombol yaitu tombol A dan B. Jika tombol A dan B ditekan bersamaan, maka lampu akan menyala. Jika salah satu tombol dilepas atau keduanya dilepas, maka lampu akan padam"

Jika kalimat diatas ditulis dalam flowchart maka akan berbentuk seperti di bawah ini.



Berdasarkan flowchart di atas, maka kontak yang digunakan sebanyak 2 buah berjenis NO semua disusun secara seri. Dan tentunya ada sebuah output. Sehingga bentuk ladder diagramnya adalah seperti dibawah ini.

Setelah ladder diagram berhasil dibuat, selanjutnya kita dapat membuat diagram pengawatannya pada PLC. 


Contoh 3

"Ada 1 buah lampu dan ada 2 buah tombol yaitu tombol A dan B. Jika salah satu tombol A atau B ada yang ditekan, maka lampu akan menyala. Jika tombol keduanya dilepas, maka lampu akan padam"

Kalimat diatas jika ditulis dalam flowchart maka akan berbentuk seperti di bawah ini.

Berdasarkan flowchart di atas, maka kontak yang digunakan sebanyak 2 buah berjenis NO semua disusun secara paralel. Dan tentunya ada sebuah output. Sehingga bentuk ladder diagramnya adalah seperti dibawah ini.

Setelah ladder diagram berhasil dibuat, selanjutnya kita dapat membuat diagram pengawatannya pada PLC. 

=================

Soal Latihan:

Petunjuk : Kerjakan soal di bawah ini dan jawabannya ditulis di buku tulis menggunakan huruf kapital tanpa spasi. Misalnya : ABCDABCD dan seterusnya. 


Pemeriksaan Jawaban Latihan :

Petunjuk : Untuk memeriksa jawaban anda, silakan masukkan jawaban yang sudah anda tulis tadi ke dalam form dibawah ini. Jika jawaban anda benar, maka form akan terkirim dan sekaligus sebagai bukti anda telah memahami materi.